Halaman

Selasa

Macam Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja

Contoh surat permohonan mutasi kerja - Bagi anda yang entah secara kebetulan atau sengaja bekerja di tempat yang tidak berdekatan dengan rumah anda, setelah beberapa tahun bekerja biasanya anda bisa mengajukan mutasi ke daerah yang anda inginkan, yaitu daerah tempat tinggal anda yang sebenarnya. Meskipun prosesnya yang panjang dan bisa disebut rumit, namun demi bisa berkumpul dengan keluarga besar anda lagi, anda pasti mau menjalani proses rumit tersebut. Cara awal yang biasanya ditempuh untuk melakukan mutasi kerja adalah, dengan mengajukan surat permohonan mutasi kerja ke pimpinan atau kantor pusat anda.
Macam Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja
contoh surat permohonan mutasi 

Contoh Surat Permohonan Mutasi Baik dan Benar

Alasan anda mengajukan surat permohonan mutasi kerja juga sangat penting agar permohonan mutasi anda dapat dikabulkan. Jadi, buat dan pikirkan dahulu alasan anda yang paling tepat dan paling logis ketika anda ingin mengajukan surat permohonan mutasi kerja.

Seperti namanya, surat permohonan mutasi kerja merupakan surat yang anda ajukan agar anda bisa dipindahkan tugaskan pada pekerjaan anda ke daerah yang anda pilih. Untuk melakukan permohonan mutasi kerja, anda harus memenuhi terlebih dahulu berkas yang menjadi persyaratan. Adapun isi surat mutasi kerja karyawan untuk mengajukan surat permohonan mutasi kerja perusahaan yang paling umum adalah

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK terakhir yang diberikan perusahaan tempat anda bekerja
  3. Fotocopy SK pindah suami (diperuntukkan bagi isteri yang ingin pindah karena mengikuti suaminya yang dipindah tugaskan)
  4. Fotocopy Kartu Pegawai
  5. Fotocopy DP 3 dalam dua tahun terakhir

Karena pekerjaan yang bisa dilakukan mutasi berbeda-beda, maka setiap macam contoh surat permohonan mutasi kerja juga berbeda-beda tergantung dengan profesinya dan tingkat perpindahan anda. Untuk dalam dan antar Pemda, persyaratan dokumen yang juga perlu anda persiapkan adalah :

  1. Surat Rekomendasi dari atasan anda
  2. Surat Rekomendasi dari atasan tempat bekerja yang akan anda tuju
  3. Surat Pernyataan Pimpinan yang menyatakan bahwa anda tidak pernah diberi hukuman disiplin dalam tingkat sedang apalagi berat

Selain itu, ada juga berkas yang direkomendasikan jika anda ingin mengajukan surat permohonan mutasi kerja, yaitu :

  1. Fotocopy absen keberangkatan anda yang manual pada dua bulan terakhir kerja anda
  2. Fotocopy surat permohonan pindah jika anda mengenal seseorang yang ingin melakukan pertukaran tempat tugas kerja

Setelah anda mengetahui berkas persyaratan yang harus anda persiapkan sebelum mengajukan surat permohonan mutasi kerja, berikut adalah macam contoh surat permohonan mutasi kerja yang bisa anda jadikan referensi.

contoh surat permohonan mutasi kerja Mutasi PNS Guru


Bandar Lampung, 19 Oktober 2015
Perihal : Permohonan Mutasi Kerja

Kepada Yth,
Bupati -------
Cq. Kepala Badan Kepegawaian
Di –
Kota Lampung Selatan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Imelda Alvianita
NIP : 0123456789
Pangkat / Golongan : VI A
Jabatan : Guru Utama
Unit Kerja : SMA Negeri 3 Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Bersama dengan surat ini saya mengajukan permohonan mutasi kerja dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Bandar Lampung menuju ke Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Alasan saya mengajukan mutasi kerja ini didasari oleh dipindah tugaskannya suami saya untuk mendekatkan diri saya dengan keluarga saya yang dipindah tugaskan ke Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Untuk bahan pertimbangan permohonan mutasi kerja saya, bersama dengan surat ini saya lampirkan

  1. Foto copy SK PNS Terlegalisir
  2. Foto copy SK CPNS Terlegalisir
  3. Foto copy Kartu Pegawai Terlegalisir
  4. Foto copy Pangkat Terakkhir Terlegalisir
  5. Foto copy Ijazah Terakhir Terlegalisir
  6. Foto copy DP3 Tahun Terakhir Terlegalisir
  7. Daftar Riwayat Hidup

Demikian surat permohonan mutasi kerja ini saya buat, besar harapan saya agar Bapak / Ibu dapat mengabulkan permohonan saya agar saya dan keluarga tidak hidup terpisah. Atas perhatian dan kebijakasanaannya saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya

Imelda Alvianita, S.Pd
NIP. 0123456789


contoh surat permohonan mutasi kerja PNS Terbaru (digunakan bagi mereka yang bekerja di instansi Hukum)


Perihal : Permohonan Pindah Tempat Tugas Banda Aceh, 12 Juli 2015
Lampira : 5 lembar

Kepada Yth,
Direktur Jenderal Badan Pengadilan Agama
Jl. Dahlan No. 127 Banda Aceh

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Akhmad Ikhsan 
NIP : 0123456789123456789
Pangkat / Gol. Ruang : Penata / IV A
Jabatan : Jaksa Unit Kerja Pengadilan Agama Banda Aceh

Dengan datangnya surat ini bermaksud mengajukan permohonan pindah tugas dari Pengadilan Agama Banda Aceh ke Pengadilan Agama Berastagi di bawah lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Kota Medan karena alasan sebagai berikut:

Keputusan KMA No. 192/KMA/SK/XI /2015 yang menyebutkan bahwa seorang yang bekerja sebagai Jasa dapat mengajukan permohonan tempat tugas kerja jika sudah bertugas minimal selama 2 tahun. Saya sudah bertugas dari tahun 2010 hingga 2015 yang berarti saya sudah bertugas selama 5 tahun dan saya berhak untuk melakukan permohonan pindah tugas.

Menurut catatan Pengadilan Agama Medan, perkara yang terjadi di Medan jauh lebih banyak daripada perkara yang terjadi di Banda Aceh sedangkan jumlah Jaksa yang bertugas di Pengadilan di Medan lebih sedikit daripada yang di Banda Aceh (sebutkan jumlahnya jika anda mempunyai jumlah yang pasti).

Untuk bahan pertimbangan permohonan saya tersebut, bersama dengan surat permohonan ini saya lampirkan:

  1. Fotokopi SK Terakhir yang anda miliki
  2. Fotokopi SK CPNS
  3. Fotokopi Kartu Pegawai
  4. Fotokopi DP 3 pada dua tahun terakhir anda bertugas, ( bisa anda tambahkan dengan berkas lain yang anda anggap mendukung)

Demikianlah surat permohonan pindah tugas ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Akhmas Ikhsan
Facebook Twitter Google+

Back To Top