Halaman

Rabu

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru - Bagi anda yang bercita-cita menjadi guru dan telah menyelesaikan pendidikan keguruan anda, pastilah mulai berfikir untuk mengajukan lamaran-lamaran pada sekolah yang anda anggap paling cocok dan paling baik menurut anda. Permasalahannya adalah, banyak calon guru yang gagal pada saat mengajukan lamaran pekerjaan menjadi guru, karena surat lamaran yang dimasukkan dirasa kurang baik dan meyakinkan. Karena kegagalan itulah, banyak calon guru yang mencari tahu contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar, agar lebih memudahkan mereka untuk mendapatkan panggilan wawancara.
Contoh surat lamaran kerja Guru
Contoh surat lamaran kerja Guru
Seperti namanya, surat lamaran kerja merupakan surat resmi yang anda buat dengan tujuan untuk melamar pekerjaan pada suatu perusahaan atau lembaga tertentu, yang ingin anda masuki dan bekerja di tempat tersebut. Surat lamaran kerja biasanya disertai dengan beberapa lampiran berupa data-data diri anda, yang bisa dijadikan penunjang lamaran pekerjaan anda.

Sebelum anda menulis surat lamaran anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar, surat lamaran anda lebih diperhitungkan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar. Tentu saja hal ini sangat penting untuk anda perhatikan karena nantinya seorang guru akan berhadapan langsung dengan muridnya dan tutur kata anda akan menjadi panutan. Pemilihan bahasa baku dan sopan sangat dianjurkan.
  • Perhatikan lampiran yang anda sertakan. Ada beberapa lampiran yang wajib anda sertakan, ketika anda memasukkan lamaran perkerjaan, diantaranya adalah :
  • Ijazah terakhir, pastikan fotokopi ijazah terakhir yang anda lampirkan telah anda legalisir terlebih dahulu.
  • Pas foto terakhir, berikan pas foto yang resmi dan juga jujur. Anda sangat tidak dianjurkan untuk melampirkan foto yang tidak resmi dan anda juga tidak perlu mengedit foto anda secara berlebihan.
  • Sertifikat atau piagam yang mendukung. Anda bisa melampirkan piagam yang anda miliki yang berkaitan dengan bidang keahlian anda.
  • Daftar riwayat hidup yang jujur. Jangan memberikan informasi yang bohong karena nanti pasti akan ketahuan juga dan pada akhirnya malah akan merugikan anda.
Setelah anda mengetahui hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja, berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar yang bisa anda jadikan referensi, ketika anda ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai guru.

Contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar yang pertama :
Perihal : Lamaran Pekerjaan Sebagai Guru Agama Islam
Lampiran : Terlampir

Kepada Yth.
Bapak / Ibu Kepala Sekolah SMA N 3 Kota Langsa
Di
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Agnes Monica Moeljoto
Tempat dan tanggal lahir : Kota Langsa, 20 Januari 1991
Pendidikan terakhir : Sarjana Pendidikan Agama Islam
Alamat : Desa Sehat Sejahtera RT 01 / RW 01 Kec. Abadi Selalu
Kab. Langsa Kota
No. Telepon : 0851 1234 56678

Sehubungan dengan informasi yang menyatakan adanya lowongan pekerjaan sebagai Guru Agama Islam pada SMA N 3 Kota Langsa, maka dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan agar bisa mengisi lowongan tersebut.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat ini saya lampirkan :
  1. Foto Copy Ijazah Terakhir Terlegalisir sebanyak 1 Lembar
  2. Foto Copy Transkip Nilai Akademik Terlegalisir sebanyak 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP sebanyak 1 Lembar
  4. Daftar Riwayat Hidup sebanyak 1 Lembar
  5. Piagam (jika punya)
Pas Foto 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing sebanyak 2 Lembar
Demikianlah surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung menjadi guru di sekolah yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terimakasih.
Kota Langsa, 21 Maret 2015

Hormat saya

Agnes Monica Moeljoto

Contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar yang kedua :

Jakarta, 18 Januari 2015
Kepada
Yth. Ketua Yayasan Peduli Pendidikan Indonesia
Selaku Pemilik SMK Nusa Bangsa
Jl. Kebun Sawit Raya No 54
Jakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan Guru Komputer

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya terima yang menyatakan adanya lowongan pekerjaan sebagai Guru Komputer melalui Yayasan Peduli Pendidikan Indonesia yang akan ditempatkan di SMK Nusa Bangsa, dengan surat ini saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Dengan latar belakang pendidikan saya yang berupa Sarjana Komputer dari bidang studi Teknik Informatika di Universitas Indonesia, serta memiliki keahlian di bidang bahasa pemrograman PHP, HTML dan C++, sistem operasi dan beberapa keahlian lainnya. Saya merasa cocok dengan posisi yang Bapak / Ibu butuhkan.

Untuk bahan pertimbangan, bersama dengan surat lamaran ini saya melampirkan:
  1. Foto Copy Ijazah Terakhir
  2. Foto Copy Transkip Nilai Akademik
  3. Curriculum Vitae
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy KTP
  6. Foto Copy Beberapa Sertifikat dan Penghargaan
Demikian surat lamaran pekerjaan sebagai guru komputer ini saya buat, jika Bapak / Ibu ingin mengundang saya untuk wawancara, Bapak / Ibu bisa menghubungi saya di nomor telepon 0812 1234 567 atau pada alamat email saya calongurukomputer@gmail.com.

Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya

Calon Guru Komputer S.Kom

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja guru yang baik dan benar yang bisa anda jadikan referensi, agar surat lamaran pekerjaan guru anda bisa lebih baik dan lebih diperhitungkan. Bagi anda yang masih mencari pekerjaan sebagai guru semoga impian anda menjadi nyata dan semoga sukses.
Facebook Twitter Google+

Back To Top