Halaman

Rabu

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Contoh surat pengunduran diri - Semua orang pasti ingin memiliki pekerjaan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun ada kalanya anda merasa bosan dan ingin keluar dari pekerjaan. Selain rasa bosan, hal lain yang melatarbelakangi seseorang ingin mengundurkan diri adalah ingin lebih maju dari sekarang atau ingin memiliki pekerjaan sesuai dengan keinginan. Karena dalam masuk ke pekerjaan dengan baik-baik, keluarnya juga harus baik-baik. oleh karena itu sangat diperlukan surat pengunduran diri jika ingin keluar dari pekerjaan. Banyak orang yang mencari contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar saat hendak keluar dari pekerjaan. Namun masih belum banyak mengenai hal tersebut, berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar yang dapat dijadikan referensi :
Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar
Surat pengunduran diri yang baik

Contoh Format surat pengunduran diri yang baik dan benar

Pontianak, 15 Maret 2014

Kepada Yth,
HRD Bank BRI Pontianak
Jl. Pemuda Raya No 10 Pontianak

Dengan Hormat,
Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya:
  • Nama : Wahyuni
  • Jabatan : Teller
  • No Karyawan : 00001567
Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB), bermaksud mengajukan pengunduran diri dari Bank BRI Pontianak dikarenakan sakit yang sedang saya derita. Surat pengunduran diri ini saya buat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Saya berharap perusahaan dapat memahami keadaan saya dan memberikan hak-hak dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan keadaan yang sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan dari Bapak/Ibu pimpin saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya

Wahyuni

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar part 2

Malang, 7 November 2015

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mulia Sakti
Jl. S.Parman no 23
Malang

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya Muhammad Mustofa bermaksud mengundurkan diri dari PT Mulia Sakti sebagai Project Manager, terhitung sejak surat pengunduran diri ini disetujui oleh Bapak/Ibu pimpinan. Saya mengundurkan diri dari PT Mulia Sakti ini dikarenakan hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri. Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya dengan bekerja selama 5 tahun di perusahaan Bapak/Ibu pimpin. Bila terdapat kesalahan saya dalam bekerja di PT Mulia Sakti, saya ucapkan banyak mohon maaf.

Demikian Surat Pengunduran Diri ini saya buat dengan keadaan sebenarnya.
Atas pengertian dan dukungannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Saya,

Muhammad Mustofa

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar part 3

Wonosobo, 5 Mei 2015

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Angkasa Bintang
Di Tempat

Dengan Hormat,
Berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Angkasa Bintang tentang kekaryawanan dan Undang-Undang tenaga kerja, saya:
  • Nama : Surya Sulistyo
  • Departemen : Staff Administrasi
  • Jabatan         : Karyawan
  • No. Karyawan : 16785
Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari PT Angkasa Bintang dikarenakan harus pindah keluar kota disebabkan oleh permasalahan keluarga yang tidak dapat diceritakan di dalam surat ini. Terimakasih atas kesempatan yang perusahaan berikan sehingga saya dapat bekerja di PT Angkasa Bintang. Akhir kata saya mengucapkan permohonan maaf, apabila selama bekerja saya melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya, atas pengertiannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat saya.

Surya Sulistyo

Setelah melihat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, tidak ada salahnya dalam membuat surat pengunduran diri mempertimbangkan beberapa tips berikut ini :
  1. Dalam membuat surat pengunduran diri harus singkat, padat dan juga jelas. Jangan membuat surat pengunduran diri yang bertele-tele, alangkah lebih baik jika ke pointnya langsung. Selain itu bahasa yang digunakan dalam membuat surat pengunduran diri harus sopan dan manis.
  2. Di dalam surat pengunduran diri yang dibuat harus terdapat ucapan terimakasih, pujian dan rasa bangga selama bekerja di perusahaan tersebut. selain itu juga ucapan terimakasih kepada teman dapat dituliskan di dalam surat pengunduran diri.
  3. Alangkah lebih baik jika dalam membuat surat pengunduran diri harus merahasiakan alasan anda keluar dari perusahaan baik ditulis di dalam surat maupun secara lisan. Karena akan terlihat “saru”.
  4. Selain mengucapkan terimakasih, di dalam surat pengunduran diri juga harus terdapat ucapan permohonan maaf. Karena selama anda bekerja pasti pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Permohonan maaf yang anda tulis di dalam surat pengunduran diri ini mampu memberikan poin tambahan di mata pemimpin perusahaan. Kesan negatif akibat anda keluar dari perusahaan juga berkurang.
  5. Alangkah lebih baik jika anda meninggalkan sebuah barang untuk perusahaan, sehingga anda akan meninggalkan kesan yang baik untuk perusahaan tersebut. Namun untuk hal ini disesuaikan dengan keadaan anda.
Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar beserta tips-tips yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran diri tersebut. Tips-tips tersebut sangat diperlukan karena surat pengunduran diri menjadi hal terakhir di perusahaan yang akan anda tinggalkan, anda harus memberikan kesan yang positif dan bagus. Sebenarnya surat pengunduran diri berisi permohonan untuk keluar dari perusahaan, sehingga isinya dapat sesuai dengan isi pikiran anda sendiri, namun harus tetap memperhatikan hal-hal yang berlaku. Semoga contoh surat resign kerja yang baik dan benar ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi.
Facebook Twitter Google+

Back To Top